Malih Tong Tong AKui Sulit Mencari Pendamping Berakhlak Sebaik Mendiang Istrinya



Duka yang amat dalam dirasakan oleh komedian senior H. Malih atau Malih Tong Tongkarena ditinggal pergi untuk selama-lamanya oleh sang Istri Hj. Sa'Amah (63).

Diakui Malih saat temui di rumahnya Jl. Masjid Al Ishlah, Ciracas, Jakarta Timur siang tadi mengatakan banyak sekali kenangan manis yang ditinggalkan oleh almarhumah.

"Kenangan banyak ya. Rasa kasih sayangnya ke seorang suami dan nggak pernah minta duit."

"Istri saya nggak pernah minta duit. Tergantung sayanya. Saya kan manggilnya nek, 'masih punya duit nek?'"

"Nggak pernah istri saya minta duit biar jelek juga, jadi tergantung sayanya. Kalo saya tanya punya duit, 'mang ngapa? Mau bagi ya sini', saya bagi," cerita Malih dengan mata yang masih sembab.

Ada yang membuat Malih terkejut ketika istrinya tersebut meninggal.

Malih tidak mengetahui bahwa ternyata istrinya itu menyimpan beberapa perhiasan, padahal Almarhumah jarang meminta duit darinya.

"Saya nggak tau istri saya punya emas, gelang, cincin, kalung segala macem saya nggak tau. Baru tau tadi tuh, ya Allahuakbar! Nggak tau saya. Tapi nggak pernah dipake. Lah taunya darimana? Saya baru tau tadi dibongkar-bongkar ada segala macem itu," ungkap Malih.

"Mungkin uang yang saya kasih dia (dipake buat) itu. Orangnya emet, kalo kata Betawi pelit. Makan kalo nggak ada saya nggakpernah makan enak, seadanya aja. Kalo ada saya baru, lauknya apa nih. Irit banget kalo nggak ada saya karna saya kan pulang syuting," tambahnya.

Malih pun sangat bersedih, karena menurutnya susah mencari istri yang ahlaknya baik seperti mendiang.

"Maap nih yaa, susah nyari (istri) yang begitu modelnya. Kalojeleknya sih nggak apa-apa, tapi akhlaknya," tutup Malih.

Istri dari Malih tersebut juga merupakan mertua dari komedian Ucup Nirin atau yang dikenal dengan nama Bang Ocid.