Orang tua harus tahu beberapa yang tidak boleh memaksa kepada anaknya, Bagikan agar semua orang tua tahu


Tanpa disadari orangtua mencontohkan sikap buruk pada anak-anaknya, bahkan membentuk anaknya menjadi pribadi yang hobi membuli anak lain. Maka, sadarilah beberapa perilaku orangtua yang harus segera dihilangkan ini:

.
1. Menuntut prestasi anak secara berlebihan
Orangtua harus belajar untuk tidak menuntut anak dengan membabi buta, biasakan berdiskusi dan mencari jalan keluar yang sama-sama disepakati oleh anak maupun orangtua, jangan hanya mendikte saja.
2. Perlakuan beda antara anak yang satu dengan anak yang lain
Bersikap adil lah pada anak. Tidak ada anak yang meminta dilahirkan sebagai sulung atau bungsu, meminta dilahirkan sebagai laki-laki atau perempuan, maka berbuat adil-lah pada anak-anak kita baik mereka sulung, bungsu, perempuan ataupun laki-laki.
Ketidakadilan orangtua yang seperti ini membawa dampak amat buruk untuk perkembangan mental anak. .
.
3. Terlalu memanjakan anak dengan memenuhi segala permintaannya
Anak minta apapun dituruti, akhirnya anak tumbuh dengan sifat yang suka menuntut ini itu pada orang di sekitarnya, bahkan kehilangan rasa empati saking tidak pernah merasakan apa yang disebut rasa susah atau kesulitan hidup.
4. Membiarkan anak menonton adegan kekerasan atau bermain game yang mengandung unsur kekerasan
Berhati-hatilah dengan game atau film yang mengandung unsur kekerasan, jangan sampai anak-anak kita mengonsumsi hal-hal seperti ini. Termasuk juga berita-berita di TV maupun internet mengenai kasus kriminal, sebisa mungkin gantilah chanel tontonan agar adegan kekerasan tidak sampai masuk ke otak anak.
.
5. Perlakuan kasar orangtua pada anak
Orangtua yang sering berkata kasar, membentak dengan nada keras dan tinggi pada anak, mencubit, memukul, menjewer anak, biasanya akan menurunkan sifat buruk yang sama pada anak-anaknya. Maka, selaku orangtua kita perlu menjaga perilaku dan mempertinggi kesabaran. Ingat, anak adalah amanah dari Allah... bukan milik kita!
.
Semoga bermanfaat