Kenapa Smartphone buatan China harganya bisa murah banget, ternyata ini 7 rahasiannya. Mau tahu?

Tags

Smartphone China memang menjadi salah satu ptaform yang laris manis di pasaran karena menawarkan harga yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang lebih tinggi.


Namun banyak orang menganggap jika smartphone buatan China mudah rusak karena itu dijual dengan harga lebih murah.

Eits, tapi tunggu dulu sebenarnya smartphone China dijual lebih murah ini karena ada beberapa rahasia yang tidak kamu ketahui.

Dilansir dari liputan6.com, inilah dia diantaranya :

1. Upah Tenaga Kerja



Smartphone China bisa dibanderol dengan harga murah adalah karena upah tenaga kerja di sana rendah. Bahkan diketahui jika upah tenaga kerja di China adalah yang terendah di dunia.

2. Bahan Baku Melimpah



Salah satu alasan kenapa smartphone China lebih murah karena di sana bahan baku berlimpah. Tiongkok menjadi negara pembuat smartphone utama.

China disebut menghasilkan 95 persen bahan bumi langka. Sebagai perbandingan, India menghasilkan 2,5 persen dan Amerika Serikat 13 persen.

3. Teknologi Lama


Smartphone China dijual dengan harga lebih murah karena masih menggunakan teknologi lama. Contohnya, alih-alih menggunakan RAM dengan teknologi DDR4 terbaru, mereka masih mengadopsi RAM DDR3.

4. Fokus Penjualan Online


fokus penjualan online (gambar source)

Salah satu alasan yang melatarbelakangi kenapa smartphone China dijual dengan harga lebih murah karena perusahaan China lebih fokus terhadap penjualan online terutama vendor baru yang menjajal pasar Indonesia.

5. Marketing Murah

style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;"> 

Smartphone China dijual dengan harga murah karena mereka punya teknik marketing yang juga begitu terjangkau. Dengan menggelontorkan smartphone murah berspesifikasi lumayan tinggi, misalnya Xiaomi, berhasil menjadi terkenal tanpa menghabiskan banyak biaya pemasaran.

Sementara, vendor kenamaan seperti Samsung, LG atau Apple harus menghabiskan ratusan jutaan rupiah untuk biaya iklan di TV, sponsor, atau bintang iklan untuk mempromosikan produk mereka.

6. Penelitian dan Pengembangan



Beberapa barand di China bisa melakukan penelitian dan pengembangan dengan harga yang lebih terjangkau itulah kenapa jika smartphone China pun dijual dengan harga terjangkau. Berbeda dengan teknologi seperti Apple, Google, Microsoft, dan bahkan Samsung menghabiskan dana yang tak sedikit untuk melakukan penelitian dan pengembangan.

7. Kualitas Kian Baik


Walaupun smartphone China dijual dengan harga lebih murah tapi vendor China lebih mengutamakan kualitas yang baik. Pada 2016, beberapa vendor smartphone China mengembangkan smartphone premium dengan kualitas baik dan tidak lagi sekadar murah.

Nah, itulah dia ketujuh alasan kenapa smartphone China dijual dengan harga lebih murah.