Tonton vidonya detik- detik terekamnya suku mante di aceh ,,Kemunculan manusia kerdil? Video di hutan Aceh ditonton jutaan

Tags

manteHak atas fotoFREDOGRAPHY / YOUTUBE
Sebuah video yang menunjukan penampakan sosok seperti manusia di hutan Aceh telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali dan memicu diskusi hangat di media sosial.
Saluran YouTube, Fredography, mengunggah video itu Rabu lalu - memperlihatkan perjalanan sejumlah penggemar motorcross yang tiba-tiba menjumpai sosok mungil itu yang berlari cepat dan hilang di semak belukar.
Sejumlah media massa mengungkap spekulasi bahwa sosok tersebut adalah bagian dari Suku Mante atau Manti, yang disebut sebagai salah satu suku yang pertama mendiami pedalaman Aceh. Walau sejumlah pakar menyangsikan klaim itu.Ada pula yang menghubungkannya dengan orang pendek, istilah yang merujuk pada legenda mahluk sejenis manusia yang disebut-sebut menghuni hutan-hutan pulau Sumatera.
Di media sosial, beragam komentar bermunculan. "Beruntung masih bisa lihat aslinya, dan setidaknya anak cucu kita tahu kalau suku pedalaman Mante itu benar adanya," kata satu pengguna YouTube.
Namun tak sedikit juga yang tidak percaya. "Editan, 100% settingan," kata yang lain.

'Terlampau dibesar-besarkan'

Orang pendek, manusia kerdil, atau juga diistilahkan sebagai hobbit, telah menjadi bahan riset ilmuwan dunia.
Lain diu Sumatera, lain di Flores. Di pulau kecil di Nusa Tenggara Timur ini, manusia kerdil sempat menggegerkan dunia ilmiah, setelah ditemukannya sejumlah fosil. Penelitian terbaru menyatakan mereka sudah lenyap dari pulau itu jauh lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.
Kepada BBC Indonesia, pengunggah video itu mengatakan terkejut dengan keriuhan yang terjadi namun menolak diwawancarai lebih lanjut.
Dalam akun sosial medianya, Fredo Pastrana mengatakan ada sejumlah orang yang mencari detail lokasinya, namun dia tidak ingin mengungkapnya. "Demi kelestarian dan kesinambungan alam, terpaksa kami diam," tulisnya.
manteHak atas fotoFREDOGRAPHY / YOUTUBE
Image captionDalam video berdurasi kurang dari dua menit itu sejumlah penggemar motorcross terlihat berupaya mencari sosok misterius itu sebelum melanjutkan perjalanan.
Sejarawan Aceh, Rusdi Sufi, mengatakan Suku Mante memang banyak disebut dalam sejumlah literasi zaman kolonial sebagai penduduk asli Aceh. "Orangnya pendek-pendek dan tinggal di agak pedalaman. Tidak ada komunikasi dengan peradapan luar," katanya pada BBC Indonesia.
"Sekarang saya kira sudah tidak ada lagi, sudah ratusan tahun lalu tidak ada lagi," katanya. "(Karena) hampir seluruh Aceh sudah bisa ditembus dengan alat transportasi dan komunikasi."
Namun legenda eksistensi Suku Mante, menurut Rusdi masih dibincangkan orang-orang sampai sekarang. Dalam tradisi orang Aceh, ada istilah Mante sehari-hari digunakan untuk menyebut orang pedalaman yang tidak tahu apa-apa, sambung Rusdi.
Jadi apakah Anda percaya sosok itu adalah orang Suku Mante?
"Tidak, videonya memang beredar di Aceh, agak aneh memang, tapi sesuatu yang tampak ganjil itu terlampau dibesar-besarkan."