Hati - Hati,,!!!! Ada Bahaya Mengintai Dibalik SOFTLENS MURAH.. Masih Mau Pakai....?? Simak Dampak & Cara Menghindarinya

Tags

Ada banyak hal orang pilih untuk menggunakan softlens atau lensa kontak. Terkecuali mereka yang menginginkan praktis tidak lagi memakai kacamata, softlens banyak juga dipakai untuk alasan fashion.

Beragam warna yang disediakan untuk softlens mata minus ataupun softles mata normal bikin softlens tidak hanya dipakai untuk alat bantu mata, namun juga untuk pelengkap fashion. Peminat softlens-pun makin bertambah karena orang dapat mendapatkan warna mata yang tidak dimilikinya cuma dengan memakai softlens.

Bersamaan banyak peminat softlens, jadi penyebaran softlens mulai meluas bahkan juga softlens yang semula dibanderol dengan harga mahal saat ini dapat diperoleh dengan harga yang murah saja. Harga softlens yang semula meraih Rp. 500. 000 – Rp. 900. 000 ini saat ini dapat diperoleh dengan harga Rp. 30. 000 sampai Rp. 50. 000 saja.

Bahkan juga pada Rabu (10/06) malam tempo hari, polisi sudah menggerebek satu gudang penjualan softlens illegal. Penggerebekan yang dikerjakan di Jl. Pada No. 43, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta ini sukses mengamankan beberapa ratus dus yang nilainya ditaksir sampai Rp. 10 miliar.

Pemakaian softlens sesungguhnya begitu memiliki resiko untuk kesehatan mata, lantaran pemakaiannya yang alami kontak segera dengan organ mata. Untuk memakainya, tangan kita mesti betul-betul bersih supaya tak ada kotoran yang turut masuk ke mata yang dapat mengakibatkan iritasi pada mata.

Belum lagi banyak softlen illegal yang di jual dengana harga terjangkau, yang kita sendiri bahkan juga tidak paham bahan dasarnya aman atau untuk tidak dipakai. Terlebih kita memakainya di organ yang cukup peka serta vital, yakni mata.

Lengkapi tampilan dengan softlens bisa saja, tetapi sebagai customer kita mesti waspada dalam pilih serta beli barang, jangan pernah tergiur dengan harga sangat murah yang malah membahayakan.

Bahaya/Efek Negatif Menggunakan Softlens

Iritasi serta mata merah, ini yaitu bahaya softlens yang seringkali berlangsung. Hal semacam ini dapat dikarenakan oleh banyak hal seperti debu, penggunaan yang kurang benar serta sangat lama digunakan. Oleh karenanya, supaya tak alami iritasi baiknya jagalah softlens tak terserang debu serta gunakan lewat cara yang benar. Bagaimana? Yang paling pertama serta paling penting yang perlu diingat yaitu tanganmu mesti steril saat menggunakan softlens. Yakinkan juga tidak untuk menggunakannya sangat lama. Tetes mata spesial softlens dapat dengan cara teratur anda pakai untuk memberi dampak lega saat menggunakannya. 
Sangat longgar atau sangat ketat, Softlens dapat jadi sangat longgar atau bahkan juga sangat ketat seperti begitu melekat ke mata dimaksud hypoxia. Hal semacam ini karena penentuan kandungan air yang salah saat beli softlens. Oleh karena itu cocokkan dengan kondisi mata. Bila matamu memanglah telah mempunyai banyak kandungan air mata, pastikan softlens dengan kandungan air lebih sedikit. Sedang mata yang condong kering baiknya tentukan softlens dengan kandungan air tinggi. 
Softlens koyak dalam mata, Softlens dapat koyak di mata. Nah, ini condong begitu beresiko. Bahaya softlens ini dapat berlangsung lantaran anda menggunakan softlens waktu tidur. Saat tidur, softlens dapat bergerak-gerak didalam mata serta dapat berisiko pecah didalam mata. Bukan sekedar itu, softlens bisa jadi kering lantaran tak memperoleh oksigen serta kandungan air yang cukup. Nah, saat Anda mencubit softlens dalam kondisi kering seperti itu bisa menyebabkan softlens koyak. Karenanya juga, memanglah saat menginginkan melepas softlens begitu dianjurkan untuk meneteskan tetes mata spesial softlens terlebih dulu. 
Infeksi kornea, Bahaya infeksi kornea dapat berlangsung bila anda tak menjaga softlens dengan baik. Karena itu bakteri, jamur serta virus dapat tumbuh di softlens serta bikin alergi pada mata. Oleh karena itu, jagalah baik-baik softlens-mu ya. Bila tak dapat seperti itu, menggunakan softlens sekali gunakan dapat jadi pilihan bila anda berkekeuh untuk memakai softlens. 

Langkah Memakai Softlens Dengan Benar 

Tersebut anjuran agar efek negatif memakai softlens bisa diminimalkan :

Jumpai dokter/pakar mata untuk mencari info serta memperoleh lensa yang sesuai sama untuk mata anda serta layak gunakan. 
Bila anda bakal menyentuh lensa cuci tangan terlebih dulu. 
Senantiasa terlepas softlens anda saat anda tidur. 
Bersihkan lensa dengan cara teratur. Langkah bersihkan yang baik yaitu : usap lensa kontak dengan jari serta basuh dengan cairan pembersih sebelumnya menaruh lensa dalam wadah yang telah diisi cairan pembersih. 
Taruhlah wadah lensa kontak ditempat yang lembab serta terlindung dari sinar matahari langsung 
Ubahlah wadah lensa tiap-tiap minimum 3 bln. sekali. 
Untuk menaruh lensa, pakai cairan pembersih yang masihlah baru. Janganlah pakai cairan yang telah digunakan, walau tampak bersih namun memiliki kandungan bakteri yang dapat membahayakan mata anda. 
Patuhi jadwal pergantian lensa kontak sesuai sama saran dokter. 
Jumpai dokter mata anda untuk memeriksakan mata anda dengan cara teratur.