Taukah Anda !! Awas! Inilah Beberapa Dosa yang Biasa di Lakukan Pembeli Online

1
.   Melaknat penjual hanya karena merasa tidak dilayani dengan baik
Ada pembeli yang langsung bersumpah serapah bahkan melaknat penjual ketika pesan yang dikirimkannya melalui chat tidak segera dibalas.
.
Kalau memang ingin menyampaikan kekecewaan pada penjual, tidak usah sampai memaki atau melaknat, kita bisa menasehati atau memberikan masukan yang baik.
.
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa melaknat seorang mukmin maka seakan-akan dia membunuhnya.” (HR. Al-Bukhari).
.
2. Mengganggu di luar waktu pemesanan yang ditentukan
Pernah memesan produk secara online dengan menelepon costumer service nya di luar jam pemesanan? Misalkan di IG sudah dicantumkan bahwa pemesanan dilayani jam 9 sampai jam 5 sore, tapi kita malah menghubunginya jam 11 malam? Dengan menelepon pula, padahal pemesanan yang dilayani hanya melalui SMS atau Whats app misalnya. Hati-hati, jangan-jangan apa yang kita lakukan telah mengganggu ketenangan orang lain.


2.       dengan memaksa atau minta bonus ini itu dengan menyakiti perasaan si penjual
.
"Mba, kasih diskon 20% dong, pelit banget sih!".
.
Kalau sekadar bertanya ada diskon atau tidak masih oke, tapi kalau sampai memaksa, lebih baik beli di tempat lain saja daripada lisan/ tangan kita sampai mengganggu orang lain.
.
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang. (Yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka minta dipenuhi..." (QS. Muthaffifin: 1-2).
.
.4. Penipuan
Ada pembeli yang menipu dengan cara mengaku telah mentransfer uang padahal belum, mereka mengedit struk atm agar seolah-olah telah melakukan transaksi. Penjual harus berhati-hati dengan modus penipuan pembeli online seperti ini. Selain itu ada juga yang menipu dengan cara meminta penjualan secara COD (cash on Delivery), tapi ketika barang dikirim COD, saat terjadi pertemuan malah mengaku sudah mentransfer atau tak bawa uang tunai akan ditransfer nanti, padahal janji tersebut hanya untuk menipu saja.
.
Wallaahu A’lam Bishawab.
.
Semoga bermanfaat | via 
ummi-online.com

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...