Inilah Bentuk gambar mata uang 20017, Bagikan agar banyak masyarakat yang tahu dan tidak keliru tentang mata uang nya yang Baru diresmikan

Tags

Bank Indonesia secara resmi memperkenalkan uang rupiah tahun emisi 2016 ke hadapan publik. Tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam telah diterbitkan, bertepatan dengan hari bela negara. 12 sosok pahlawan nasional dan pemandangan alam beserta tarian nusantara hadir dalam pecahan baru, sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan pahlawan bangsa.
Peluncuran dilakukan secara live streaming, dan diikuti 45 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia, termasuk BI Kanwil Malang. Sementara Presiden Indonesia, Joko Widodo hadir meresmikan dengan didampingi oleh beberapa jajaran pemerintah pusat.
Presiden Indonesia, Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, setiap lembar rupiah merupakan bukti kemandirian ekonomi ditengah ekonomi dunia. Setiap lembar rupaih, selalu ditampilkan gambar pahlawan nasional, tarian nusantara, dan pemandangan Indonesia, sebagai wujud kecintaan budaya dan karakteristik budaya Indonesia.
“Karena itu saya mengajak setiap insan di  tanah air untuk terus mencintai rupiah dengan selalu menggunakan rupiah dalam transaksi di dalam negeri,” katanya beberpa menit lalu.

Ketika cinta rupiah, menurutnya, kabar bohong terkait rupiah akan sangat ditepis. Karena rupiah memang tidak akan pernah digantikan. Sementara terkait pemalsuan uang, teknologi pengamanan diharap dapat lebih diperkuat dan diperlihatikan secara benar terhadap kesediaan rupiah diberbagai wilayah Indonesia, sampai daerah pelosok sekalipun.
“Karena rupiah itu identitas dari Indonesia yang harus dijaga,” paparnya.
Gubernur BI, Agus Martowardojo menambahkan, rupiah merupakan simbol dan alat pembayaran sah yang wajib digunakan diseluruh Indonesia. BI sebagai pengelola uang rupiah, berkewajiban mengeluarkan hingga menarik rupiah.
“Dan hari ini, BI berkesempatan untuk kembali meluncurkan rupiah baru,” katanya.
Sementara itu, Kepala BI Kanwil Malang, Dudi Herawadi menambahkan, sebagaimana peraturan Presiden, setiap peluncuran uang baru harus disertai dengan gambar dari pahlawan Indonesia.
Dengan dikeluarkan pecahan baru tersebut, pecahan rupiah lama masih berlaku sebagai uang pembayaran sah, sepanjang belum dicabut peredarannya oleh BI. Sedangkan masyarakat Indonesia sudah dapat menikmati uang baru itu per hari ini, dengan menukarkannya di Bank Indonesia.
Deretan pahlawan yang menghiasi uang rupiah emisi 2016 adalah Proklamator Indonesia, Soekarno dan Hatta menghiasi Rp 100 ribu, Djuanda Kartawidjaja di pecahan rupiah kertas Rp 50 ribu. Kemudian pecahan rupiah kertas 20 ribu  menampilkan gambar Ratulangi.
Selanjutnya pecahan rupiah kertas Rp 10 ribu menampilkan gambar Frans Kaisiepo. Sedangkan pecahan rupiah kertas Rp 5 ribu menampilkan gambar Idham Chalid. Gambar Mohammad Hoesni Thamrin menghiasi pecahan rupiah kertas Rp 2.000. Kemudian gambar Tjut Meutia akan ada di pecahan rupiah kertas Rp 1.000.
Gambar I Gusti Ketut Pudja ada di pecahan rupiah logam Rp 1.000. Gambar T.B. Simatupang di pecahan rupiah logam 500. Gambar Tjipto Mangunkusumo ada di pecahan rupiah logam 200, dan gambar Herman Johannes ada di pecahan rupiah Logam Rp 100.