71 Tahun Indonesia Merdeka, Siswa SD di Tanjab Barat Belajar dalam Kandang Kambing!! Tolong Bantu Share Supaya Sampai Ke Pemerintah

Tags

Potret pendidikan 71 tahun Indonesia merdeka. Beberapa puluh siswa Sekolah Basic (SD) Negeri 34 Kelurahan Bram Itam, Tanjab Barat ini sangat terpaksa belajar dalam ruangan kelas yang dulunya sisa kandang kambing punya warga.

Keadaan ruangan kelas yang serba terbatas ini memanglah memprihatinkan. Siswa mesti menahan dingin saat hujan serta menahan gerah waktu cuaca terik. Maklum, dinding di buat seadanya dari daun nipah, lantas atapnya dari seng sisa.

Pembangunan sekolah ini di buat swadaya oleh warga tanpa ada campur tangan pemerintah mulai sejak dua tahun lantas, tepatnya pada 2014. Fasilitasnya tidak bisa mendukung sistem belajar-mengajar. Saat hujan turun lebat,

sangat terpaksa aktivitas belajar dihentikan. Bila tak, guru serta siswa akan basah kuyup lantaran atapnya telah bolong termakan umur.

 " Kami kepingin nian, sekolah ini bagus seperti sekolah yang lain. Kami tentu lebih semangat belajar, lebih rajin lagi, " ungkap Siska, siswi kelas II SDN 34 Kecamatan Bram Itam, Selasa 9 Agustus 2016.

Beberapa pengajar juga masihlah tulus menyempatkan waktunya untuk mendidik beberapa murid-murid itu. Walaupun upahnya tidak mencukupi serta tidak bersumber dari dana Pertolongan Operasional Sekolah (BOS). Maklum mereka yaitu guru honorer.

‪Selanjutnya, guru SD Negeri 34 Kelurahan Bram Itam (59) menjelaskan sampai hari ini belum ada perhatian dari pemerintah kabupaten untuk sekolah di tempatnya mengajar itu.

 " Proposal kami telah masuk (Kedinas Pendidikan Tanjab Barat) hanya belum jalan kelihatannya, " terangnya.

Ia mengharapkan, pada peristiwa kemerdekaan ini, pemerintah bisa memberi taraf prioritas pembangunan. Intinya yang menaungi bidang pendidikan. " Utamakanlah sarana gedung sekolah, karenanya yang paling utama, " tutupnya.