SUBHANALLAH "Untuk Pertama kalinya, Adzan Berkumandang di Hagia Sophia Turki"

Tags


Sabtu (02/06/2016), Suara adzan terdengar berkumandang di Hagia Sophia – bangunan bersejarah di Turki – untuk pertama kalinya sejak 85 tahun terakhir.
Adzan itu dikumandangkan menyusul malam lailatul Qadar- malam dimana Rasul menerima wahyu- yang jatuh pada Jumat (1/06/2016), demikian dilansir Worldbulletin.
Meskipun adzan pernah dikumandangkan dari menara Hagia Sophia empat tahun yang lalu, muadzin selalu mengumandangkannya dari ruangan khusus di lapangan museum daripada di dalam masjid atau katedral.
Hagia Sophia dibangun oleh pemerintahan Kristen Ortodoks Kaisar Bizantium Justinian I pada 537 M. Kubah bangunan itu terkenal dengan nama Ayasofya. Setelah Sultan Mehmet menaklukan daerah itu pada 1453 M, bangunan tersebut diubah menjadi masjid. Namun pada tahun 1935 dijadikan museum oleh Mustafa Kemal Ataturk, Presiden pertama di Turki.
Beberapa tahun terakhir, ada permintaan untuk kembali memfungsikan bangunan itu menjadi Masjid. Namun, saat Al Quran dibacakan saja selama bulan Ramadhan, pemerintah Yunani mengeluh. Ia mengritik aktivitas itu kepada Kementrian Luar Negeri Turki.
Adzan tersebut disiarkan di stasiun TV Turki dan menampilkan Mehmet Gormez sebagai Kepala Direktorat Urusan Agama.
Dalam kesempatan itu Gormez menyinggung serangan teroris di bandara Ataturk Istanbul, di mana 44 orang dan tiga penyerang tewas. Hal ini ia anggap sebagai bagian dari perang yang dilancarkan pada Islam.
Dia mengatakan Islam selalu jadi korban terorisme. “Terorisme bukan saja mengancam hidup kami tapi juga merusak nilai-nilai kemanusiaan yang telah dibawa oleh Islam,” katanya. Berikut tayangan adzan yang dikumandangkan di Hagia Sophia.