Meskipun Diincar 2 Jet F-16, Erdogan Pertaruhkan Nyawanya untuk Terbang ke Istanbul

Tags

Ribuan kaki diatas permukaan tanah Turki, upaya untuk menggulingkan Erdogan tetap berlangsung.Dilansir DS, Ahad (17/7/2016), Erdogan mempertaruhkan nyawanya ketika terbang menuju Istanbul.
Dua jet tempur F-16 pro-kudeta, mengincar pesawat yang ditumpangi Erdogan dalam perjalanannya menuju Istanbul. Namun pesawat Presiden Turki itu mampu menghindari kejaran mereka.
Erdogan kembali ke Istanbul setelah menjalani liburan di pantai Marmaris. Blokade jembatan di selat Bosphorus, memaksa presiden Turki itu untuk menggunakan jalur udara.
“Setidaknya dua F-16 terus menguntit pesawat Erdogan di udara dalam perjalanan ke Istanbul. Mereka mengunci pesawat presiden tersebut pada radar mereka, sementara dua pesawat F-16 lainnya mencoba untuk melindunginya,” demikian ungkap seorang pejabat senior Turki.
Pejabat senior yang identitasnya dirahasiakan, merupakan mantan perwira militer Turki. Ia mengatakan kepada Reutersbahwa pesawat jet Erdogan terus diincar saat terbang dari Marmaris, namun ia berhasil mencapai Istanbul dengan aman.
Seorang pejabat senior lainnya juga mengatakan bahwa jet presiden sedang berada “dalam kesulitan di udara”, tapi tidak memberikan rincian pastinya.
Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag mengatakan bahwa presiden mempertaruhkan nyawanya setelah terbang menuju Istanbul secara diam-diam.
“Erdogan meminta pilot pesawat apakah ia dapat melakukan penerbangan, hanya menggunakan lampu pesawat tanpa izin terbang dan arahan dari menara pengawas,” kata Bozdag.
“Sementara itu sekitar 25 tentara pro-kudeta turun dari helikopter di hotel Marmaris tempat Erdogan menginap sebelumnya. Mereka menembaki hotel tersebut, namun Erdogan telah meninggalkan hotel itu secara diam-diam,” kataCNN Turk.
Bozdag melanjutkan, “Erdogan menginstruksikan pilotnya untuk tetap terbang ke Istanbul, meskipun dengan risiko kematian. Namun ditengah penerbangan, rakyat Turki berhasil merebut kembali bandara tersebut dari tentara pro- kudeta.”
Website tracker penerbangan menunjukkan bahwa sebuah pesawat Gulfstream IV, pesawat jet bisnis yang dimiliki oleh pemerintah Turki, take off dari bandara Dalaman. Bandara tersebut ditempuh sekitar satu seperempat jam perjalanan dari Marmaris, pada sekitar 2240 GMT pada hari Jumat