KYAI DRS. MURIDAN RUSDI SOSOK INSPIRASI PESANTREN MODERN AS-SAKIENAH SEDERHANA DAN PENUH DENGAN TANGGUNG JAWAB

Tags


اللهم اغفرله وارحمه وعافه واعف عنه واكرمه نزوله ووسع مدخله واغسله بالماء والثلج والبرد ونقه من الخطايا كما ينقي الثوب الابيض من الدنس وابدله دارا خيرا من داره واهلا خيرا من اهله وزوجا خيرا من زوجه وقه فتنة القبر وعذاب النار. امين

Sosok pemimpin yang sangat sederhana terucap dari kalimat beliau Drs. K Muridan Rusdi Tokoh ulama yang sangat di cintai oleh masyarakat khususnya santri dan santriwati serta para alumni. beberapa ucapan yang terbesit dalam hatinya yang telah kehilangan sosok yang agung inilah beberapa kutipan yang saya ambil dari beberapa tulisan di sosial media :



Kardus mie instan dan pak. Yai 
Temen temen mungkin dah tahu tp mgkin juga lupa. 
Saya mau mengingatkan saja bahwa kesederhanaan pak. Yai sudah teruji diawal awal merimtis mahad, yaitu kardus mie instan sbagair tmpat baju ( lemari ). 
Allahumagfirlahu.



Tahun ajaran baru 2013 saya soan kerumah pa yai. Skaligus mnjmput dua mudaris pngabdian utk penugasan ke tangerang pp daarul irfan. Beliau tanya bgm brangkatnya.? Saya jawab naik kreta pak,. Dri jatibarang. Bliau lngsung melihat jam. Dngn buru2 bliau berkata" jangan naik kndaraan umum. ayo saya anter pke mobil, waktunya udah smpit." Subhanallah. Cari pemimpin yg seperti bliau Seribu satu blm tentu ketemu. Allah mnyediakan tempat terbaik utk hambanya yg baik. Aamiin


Saat semua ingin kekuasaan ia melepaskannya, saat semua tergoda dengan kemewahan ia hadirkan kesederhanaan, saat banyak orang terbuai popularitas ia komitmen ikhlaskan pengabdian, saat semua ingin jadi tokoh ia justru wujudkan ke-rakyatan-nya, dan saat banyak yang berdakwah dengan kata2, ia mempraktekannya,.....
Kini beliau meninggalkan kita semua....
Allah Yang Maha Hak lebih mencintainya sahabat2 ku........, kita jadi saksi atas kesalehannya & semoga kita mampu bejalar dari semua kebaikan2nya.... Amin



Tidak banyak dijumpai seorang tokoh yang selalu berusaha hidup dalam kesederhanaan, konsisten dan penuh dedikasi dalam hidup disaat banyak orang berlomba-lomba untuk untuk memenuhi hasrat duniawinya. Salah satu tokoh itu adalah Al-Ustadz K. Muridan Rusydi, semoga beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Amiin.


Liruan akhir tahun 1998, di saat berlangsungnya piala dunia di Prancis. Sebelum pulang pd saat acara ceramah etiquate, ak dipanggil pak kiai k depan dan ditanya:
"Liburan mau ngapain kamu?"
Ak jawab: " mau nonton piala dunia" ditertawain ma teman2 ditertawain seluruh santri putra dan putri plus ustad - ustadzahny.
"Bodoh !!!" geram kiaiku, lalu beliau tanya untuk kedua kalinya: "liburan nanti, kamu mau ngapain?".
Lalu ak jwb: "saya mau belajar dan memperdalm kitab kuning".
"Bagus, kamu jd pintar dlm beberapa menit saja" tutur kiaiku dengn wajah tersenyum....
Lalu ak duduk kmbali dan ungkpn yg kedua itu ak jadikn sebagai restu serta doa untuk meninggalkn pesantren modern assakienah menuju pesantren salafiyyah..
Dan alhamdulillah berkat doa beliau walau pun tidak mahir setidaknya walau pun terbata-bata ak bisa baca kitab kuning mtode utawi iki-iku..
Terimakasih kiaiku, hanya doa dan persaksianku bahwa engkau guruku, kiaiku yg ikhlas dan istiqomah...
Dan pastinya akn dan terus merepotknmu diakhirat kelak, krn ak akn menarik sabuk sarungmu untuk ikut dalm menyebrangi shirat-Nya untuk sowan di pelataran agung-Nya. 
Al-fatihah...


Kiai Muridan Rusydi. Tentang keluhuran pengabdiannya di dunia pendidikan pesantren tidaklah diragukan. Beliau, salah satu guru terbaik kami. Kecintaannya pada dunia keilmuan turut membentuk semangatku tidak pernah padam untuk terus belajar. Di mataku beliau adalah salah satu guruku yang turut berjasa dalam mengenalkan dunia sastra arab lewat pengajaran syair-syair berbahasa arab, juga lewat pengajaran ilmu balaghoh. Maka bagiku, beliau bisa dikatakan turut memantik dan menumbuhkan kecintaanku pada sastra. Kini, beliau telah tiada. Meninggalkan kami semua. Beliau begitu istiqomah membuktikan pengabdiannya untuk memberi, membagi, dan menebarkan ilmu kepada santri-santrinya hingga wafatnya. Selamat jalan Guru kami tercinta. Selamat jalan Guruku tercinta..

Itulah beberapa ungkapan yang tersirat dan masih banyak lagi yang belum saya kutip sebab beliau adalah mujahid, sebab beliau adalah bapak pendidikan sebab beliau adalah segalanya

اللهم اغفرله وارحمه وعافه واعف عنه واكرمه نزوله ووسع مدخله واغسله بالماء والثلج والبرد ونقه من الخطايا كما ينقي الثوب الابيض من الدنس وابدله دارا خيرا من داره واهلا خيرا من اهله وزوجا خيرا من زوجه وقه فتنة القبر وعذاب النار. امين

SYAHIDNA... SYAHIDNA... SYAHIDNA...
Annahu Khoroja Min Daarid-Dunya Ila Daaril Akhiroh
Min Ahli LAA ILAHA ILLALLAH... 
Allahummaj`al Qobrohu Roudlotan Min Riyadlil Jinan
Walaa Taj`al Qobrohuh Hufrotan Min Huffaarin Niiron
AMINKAN SODARAKU WAHAI PARA MUJAHID