Jangan Ingat Seberapa Banyak Dosa Anda, Tapi

Tags

APAKAH Anda tak pernah berbuat dosa? Tentu tidak! Sebab, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Baik itu secara disengaja atau pun tidak. Disadari atau kah tidak, pasti kita pernah berbuat hal yang tidak sesuai dengan ketentuan Allah SWT dan Rasul-Nya. Maka, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk selalu memohon ampunan kepada-Nya.
Hanya saja, terkadang banyak orang yang berputus asa. Mereka melakukan perbuatan dosa, yang benar-benar dibenci oleh Allah SWT. Dan dosa tersebut tergolong ke dalam dosa besar. Bukan hanya itu, ia pun melakukan dosa tersebut secara berulang-ulang. Hingga, ia merasa malu jika memohon ampun kepada Allah SWT.
Padahal, kita seharusnya tidak berpikir demikian. Kita harus ingat bahwa Allah SWT itu Maha Pengampun. Allah akan mengampuni segala dosa-dosa orang yang bertaubat kepada-Nya dengan taubatan nasuha. Di mana, seberapa banyak dosa yang kita lakukan, Allah SWT pasti akan mengampuninya.
“Katakanlah, ‘Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Az Zumar: 53).
Jadi, jangan pernah kita berputus asa terhadap rahmat Allah SWT. Janganlah kita mengingat seberapa banyak dosa yang telah kita perbuat. Tapi, ingatlah bahwa ampunan Allah itu sangat luas. Maka, patut bagi kita untuk yakin bahwa Allah SWT pasti menerima taubat kita. Hanya saja, kita pun harus berjanji pada diri kita sendiri, bahwa kita tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi. Dan kita harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah Allah SWT dengan sebaik mungkin. []